Model Bisnis Pengiriman Makanan
Pengiriman makanan telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Sepertiga dari semua orang Amerika mengatakan bahwa mereka memesan makanan secara online setidaknya dua kali seminggu. Pada tahun 2023, pasar dunia untuk pengiriman makanan online diproyeksikan mencapai $ 137 miliar.
Pada artikel kali ini, kita akan mencermati seluk beluk food delivery sebagai model bisnis. Bagaimana itu bisa terjadi? Apa pro dan kontranya? Bagaimana Anda mengukur kesuksesan dalam pasar yang begitu kompetitif? Ini adalah beberapa dari banyak pertanyaan yang akan kami coba jawab.Definisi
Pengiriman makanan adalah layanan kurir di mana toko, restoran, atau aplikasi pihak ketiga mengirimkan makanan kepada konsumen sesuai permintaan. Saat ini, pesanan dieksekusi melalui aplikasi seluler, situs web atau melalui telepon.
Pengiriman termasuk hidangan yang dimasak serta bahan makanan dari supermarket. Metode pengiriman makanan lainnya termasuk katering atau grosir.Contoh tercatat pertama dari pengiriman makanan berasal dari Italia pada tahun 1889. Raja Umberto dan Ratu Margherita dan menelepon Raffaele Esposito, pencipta Pizza Margherita, untuk mengantarkan pizza ke istana mereka di Napoli.
Bangkitnya sistem pengiriman makanan modern disebabkan oleh kebutuhan ekonomi. Selama tahun 1950-an, kelas menengah Amerika yang sedang tumbuh terjebak di rumah mereka, menonton TV sepanjang hari.
Hal ini hampir menyebabkan keruntuhan dalam industri restoran Amerika dan akibatnya mereka beradaptasi dengan menciptakan layanan pengiriman modern yang kita semua kenal.
Laporan sejak saat itu menunjukkan bahwa adaptasi ini meningkatkan penjualan restoran hingga lebih dari 50 persen dalam waktu singkat.
Saat ini, pasar untuk pengiriman makanan bernilai $ 122 miliar. Ini sama dengan 1 persen dari pasar makanan global atau 4 persen dari makanan yang dijual melalui restoran.
Sementara banyak pasar telah matang dan mengidentifikasi perusahaan untuk mengambil alih kepemimpinan pasar, permintaan pengiriman makanan secara keseluruhan masih meningkat pada tingkat tahunan sebesar 3,5 persen.Contoh Model Bisnis Pengiriman Makanan
Bisnis pengiriman makanan datang dalam berbagai rupa dan bentuk. Mulai dari platform yang bermitra dengan restoran dan pengemudi hingga model terintegrasi penuh di mana semuanya dikelola.
Model Platform Untuk Konsumen