Bisnis Lebih dari Sekadar Bisnis
Suatu bisnis berhasil sejauh itu menyediakan produk atau layanan yang berkontribusi terhadap kebahagiaan dalam segala bentuknya.
Akibat pandemi Covid-19, Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksi pertumbuhan ekonomi dunia akan mengalami kontraksi atau tumbuh negatif 4,9 persen tahun 2020 ini (Kompas, 2020), atau mengalami penurunan tahunan terburuk sejak Perang Dunia II.
Dampak ekonomi dari lockdown dan pembatasan-pembatasan sosial yang dilakukan oleh diberbagai negara telah meruntuhkan bisnis global diseluruh sektor. Indonesia sendiri tengah berada di ambang resesi ketika pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 dilaporkan minus, di angka minus 5,32 persen (Kompas, 2020).Bahkan, pada 1 September 2020, Presiden Joko Widodo mengatakan, jika pada kuartal III 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali minus, maka kita akan mengalami resesi (Kompas, 2020).Pengamat ekonomi dari Institute For Development of Economics and Finance Enny Hartati menjelaskan sepanjang Covid-19 belum selesai, maka ekonomi pasti menghadapi high cost atau ekonomi berbiaya tinggi, terus tidak efisien, maka tidak ada minat investasi kalau kondisinya seperti itu. Permasalahannya adalah, jika ingin menghindari terjadinya resesi pada triwulan III, otomatis kondisi ekonomi saat ini seharusnya sudah mulai ada perbaikan. "Misalnya, daya beli sudah mulai meningkat, orang sudah mulai dapat bekerja dengan baik, dan seterusnya. Nah, itu kan nggak mungkin, karena apa? situasi Covid-19 ini masih fluktuatif" kata Enny (Kompasiana, 2020).
Oleh sebab itu, tujuan bisnis lebih dari sekedar urusan bisnis. Bisnis harus memperhatikan kepentingannya sendiri atau menggunakan sumber daya dan kemampuannya untuk melawan virus corona bahkan dengan mengorbankan kerugian jangka pendek.
Bisnis harus dapat memelihara semua pemangku kepentingan, baik itu pelanggan, pemasok, dan masyarakat, bukan hanya kepentingan investor. Karena kesemua hal tersebut terikat dalam satu rantai yang saling berkesinambungan, dimana yang satu tidak bisa hidup tanpa yang lain.Bisnis dan masyarakat adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, hidup berdampingan dan saling merawat satu dengan yang lain. Bisnis berinvestasi dan mendukung masyarakat lokal, dan masyarakat lokal melindungi bisnis.
Hubungan simbiosis ini memungkinkan perusahaan dan pemiliknya berkembang ke seluruh negeri dan dunia. Ada banyak contoh perusahaan yang memulai bisnisnya dari kota industri kemudian berkembang menjadi perusahaan yang besar seperti Phillips di Eindhoven, Belanda atau Djarum di Kudus, Indonesia.
Pemilik dan keluarga mereka tinggal di kota yang sama, menghadiri semua acara komunitas yang sama. Pegawai (manajer) mereka juga tetangga mereka, yang anaknya bersekolah di sekolah yang sama dengan anak atau cucu pendiri.
Dan akhirnya, pemasok mereka juga berada di kota yang sama atau sekitarnya. Semua pemangku kepentingan (masyarakat, karyawan, pemasok, dan pelanggan) sering melakukan kontak sosial, hampir setiap hari. Dengan kata lain, bisnis lebih dari sekadar bisnis, bisnis adalah kontrak sosial